Popular Post

Popular Posts

Posted by : Unknown Minggu, 01 Desember 2013


Cara Merawat Kelinci

Cara Merawat Bulu Kelinci

Kelinci yang sehat bisa langsung di ketahui dari badannya yang sehat dan bulunya yang bersih.  Hanya apabila badannya sehat belum tentu dengan bulunya juga bersih. Namun kalau saja bulunya bersih, biasanya badannya juga sehat. Kebersihan dan kesehatan bulu kelinci merupakan poin yang sangat penting.
Selayaknya makhluk hidup lain, factor kebersihan lingkungan memiliki peranan penting. Bisa di bayangkan kalau kita tinggal di lingkungan yang kurang memperhatikan kebersihan, maka sudah barang tentu segala macam penyakit akan mudah menyerang. Serta berlaku sebaliknya, biasanya orang – orang yang sehat mereka tinggal di lingkungan yang bersih.
Maka cara yang pertama yaitu, selalu pastikan ketika kita melepas kelinci di luar kandangnya, jangan di lepas saat selesai turun hujan. Intinya jangan biarkan kelinci Anda berkeliaran di tanah yang basah maupun lembab. Karena biasanya kelinci akan mudah terserang penyakit kalau tanahnya basah. Pasti bulunya pun akan cepat kotor.
Yang kedua, selalu sempatkan untuk menyisir bulu kelinci minimal sehari sekali. Bulu yang rutin di sisir bisa membuang bulu – bulu yang sudah rontok dan menghilangkan kotoran yang menempel pada bulu. Biasanya kelinci akan menggigiti bulunya kalau ada kotoran yang menempel atau kutu. Jadi dengan menyisir bulunya dengan rutin, Anda sudah mencegah timbulnya penyakit yang lebih parah.
Cara yang ketiga ialah, beri kelinci Anda dengan pakan yang banya mengandung vitamin E. Sayuran merupakan makanan kelinci yang banyak sekali mengandung vitamin E. selain itu vitamin juga banyak terdapt di pakan kering kelinci (Rabbit Pellet).
Cara ke empat adalah, selalu memastikan kelinci Anda tidak berada di tempat panas. Karena panas akan menyebabkan kerontokan pada bulu kelinci. Dua cara terakhir yaitu, sediakan botol untuk minum kelinci supaya ketika minum tidak membasahi bulunya. Kemudian terakhir pastikan Anda membawanya ke petshop misalkan Anda sudah tidak bisa membersihkan kelinci yang kotor. Supaya kelinci mendapat perawatan yang maksimal. 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 huko si rabbit - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -